Sejarah Hari Hewan Sedunia

Hari Binatang Sedunia

Sebenarnya sejarah Hari Binatang Sedunia seperti apa sih kok bisa ada? Mungkin pertanyaan itu terlintas di pikiran Anda. Peringatan Hari Binatang Sedunia ini dilaksanakan setiap tanggal 4 Oktober.

Peringatan ini pertama kali dilaksanakan pada tahun 1931 di Florence, Italia pada acara konvensi para ahli ekologi. Dipilihnya tanggal 4 Oktober sebagai Haro Binatang Sedunia dikarenakan pada tanggal tersebut diadakan pesta perjamuan kepada Francis of Assisi yang merupakan seorang pecinta alam dan pelindung binatang serta lingkungan.


Pada saat itu juga beberapa gereja melakukan pemberkatan kepada binatang yang dilaksanakan berdekatan dengan tanggal 4 Oktober. Pada awalnya, hari perayaan yang berkaitan dengan binatang seperti tersebut di atas merupakan perayaan khusus untuk agama kristen.

Namun saat ini, perayaan Hari Binatang Sedunia ini dirayakan oleh seluruh penyayang binatang tanpa memandang agama, kebangsaan dan latar belakang, akan tetapi pelaksanaan pemberkatan terhadap binatang tersebut tetap dilakukan di gereja. Pada hari itu juga diberikan penghargaan kepada individu, kelompok atau lembaga yang dianggap telah memberikan kontribusi yang baik khususnya pada dunia binatang.

Adapun tujuan dari diadakannya Hari Binatang Sedunia ini adalah untuk meningkatkan standar kesejahteraan hewan di seluruh dunia. Memobilisasi kekuatan global dalam rangka menjadikan dunia ini tempat yang lebih baik bagi semua hewan.

Melalui peningkatan kesadaran dan pendidikan, sehingga dapat menciptakan dunia di mana hewan selalu diakui sebagai makhluk hidup dan mendapatkan perhatian penuh terhadap kesejahteraan hewan tersebut.

Related Posts
This Is The Newest Post