Apa Pengertian Praaksara beserta Penjelasannya?

Pengertian Praaksara

Apa Pengertian Praaksara beserta Penjelasannya? - Praaksara adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menggantikan istilah lama prasejarah. Dalam hal ini memakai istilah prasejarah kurang tepat untuk menggambarkan perkembangan kebudayaan dan kehidupan manusia sebelum mengenal tulisan.

Apa Pengertian Praaksara beserta Penjelasannya?


Mengapa istilah prasejarah kurang tepat?


Pra mempunyai arti sebelum, sehingga prasejarah dapat diartikan sebelum ada sejarah dengan kata lain sebelum ada aktivitas kehidupan manusia. Padahal meskipun manusia pada saat itu belum mengenal tulisan, manusia purba sudah mempunyai sejarah dan juga sudah menghasilkan kebudayaan. Oleh sebab itu istilah praaksara lebih tepat penggunaannya.


Kata praaksara sendiri tersusun dari 2 kata. Kata yang pertama adalah pra yang berarti sebelum dan kata kedua adalah aksara yang berarti tulisan, sehingga praaksara adalah masa kehidupan manusia sebelum mengenal tulisan.

Istilah lain yang digunakan untuk menggambarkan masa sebelum manusia mengenal tulisan adalah nirleka, nir memiliki arti tanpa dan leka artinya tulisan.

Dikarenakan belum ada tulisan, untuk mengetahui kehidupan dan hasil kebudayaan manusia pada saat itu adalah dengan melihat sisa peninggalannya.

Kapan zaman praaksara itu dimulai?


Zaman praaksara dimulai sejak manusia ada di muka bumi. Pertanyaan yang sulit dijawab yaitu kapan tepatnya manusia itu mulai ada di muka bumi sebagai tanda awal dimulainya zaman praaksara. Sampai saat ini belum dapat dipastikan kapan mulai ada manusia di bumi ini.

Kapan zaman praaksara itu berakhir?


Zaman praaksara berakhir sejak manusia telah mengenal tulisan. Berakhirnya masa praaksara di setiap wilayah berbeda-beda, bangsa Indonesia baru mengenal tulisan sekitar abad ke-4 sampai 5 M.

Fakta ini didapat dari penemuan prasasti peninggalan kerajaan tua di Indonesia yaitu Kerajaan Kutai di Muara Kaman, Kalimantan Timur. Sangat jauh terlambat apabila dibandingkan dengan bangsa Mesir yang telah mengenal tulisan sudah sejak tahun 3000 SM.

Bagaimana caranya apabila ingin melakukan kajian tentang kehidupan pada zaman praaksara?


Metode penelitian yang digunakan yaitu ilmu arkeologi dan juga menggunakan ilmu alam seperti biologi dan geologi. Apa itu ilmu arkeologi? Ilmu arkeologi merupakan bidang ilmu yang mempelajari atau mengkaji jejak atau bukti-bukti peninggalan fisik misalnya monumen, prasasti, candi, artefak dan lainnya.

Kemudian menggunakan ilmu geologi dan turunannya terutama untuk mengkaji usia lapisan kulit bumi, sedangkan ilmu biologi digunakan untuk mengkaji tentang ragam hayati makhluk hidup.

Sumber: dari berbagai sumber.

Incoming search terms:

  • pengertian praaksara
  • pengertian nirleka
  • kapan berakhirnya zaman praaksara
  • kapan dimulainya zaman praaksara

Related Posts