Apa Perbedaan Zaman Prasejarah dengan Zaman Sejarah?

Perbedaan Zaman Prasejarah dan Zaman Sejarah

Apa sebenarnya perbedaan Zaman Prasejarah dengan Zaman Sejarah? Berikut ini penjelasan tentang pengertian Zaman Praaksara dan Zaman Sejarah beserta ciri-cirinya.

Apa Perbedaan Zaman Prasejarah dengan Zaman Sejarah?


Dalam sejarah kehidupan manusia mulai dari yang paling primitif (purba) sampai paling modern, manusia telah melewati dua zaman yaitu zaman prasejarah dan zaman sejarah. Apa itu zaman prasejarah? Apa itu zaman sejarah? Dan, apa perbedaan diantara keduanya?

Zaman Prasejarah


Zaman prasejarah adalah zaman atau era dimana manusia belum mengenal tulisan. Zaman ini dimulai dari sejak alam semesta tercipta, tetapi pada umumnya mengacu pada masa terdapatnya kehidupan manusia sampai zaman sejarah.

Baca juga: Pembagian Masa Praaksara Berdasarkan Geologi

Era prasejarah atau nirleka (nir berarti tidak ada, leka berarti tulisan) ditandai dengan tidak adanya tulisan, sehingga peristiwa-peristiwa penting yang telah terjadi pada waktu itu tidak diabadikan dengan tulisan. Hal tersebut membuat generasi sesudahnya tidak dapat mengetahui kejadian atau peristiwa tersebut.

Berakhirnya zaman prasejarah setiap bangsa berbeda-beda, tergantung kapan bangsa tersebut mengenal tulisan. Misalnya bangsa Mesir yang telah mengenal tulisan sejak 4000 tahun sebelum masehi, sedangkan di Indonesia sendiri baru mengenal tulisan pada abad ke-5 masehi ketika berdiri kerajaan Kutai.

Bukti-bukti zaman prasejarah hanya dapat diketahui melalui barang-barang atau tulang-tulang. Untuk mengetahui keterangan dari zaman prasejarah dapat diperoleh melalui bidang ilmu seperti geologi, arkeologi, antropologi, paleontologi, biologi, dan astronomi.

Zaman Sejarah


Zaman sejarah adalah zaman atau era dimana manusia sudah mengenal tulisan. Setelah ditemukan tulisan peristiwa penting pada masa lalu dapat diketahui.

Berikut ini adalah periode kehidupan umat manusia di Indonesia mulai dari zaman prasejarah sampai zaman sejarah:

1. Zaman Prasejarah, … - 1.500 SM
2. Zaman Protosejarah, 1.500 SM – 500 SM
3. Zaman Sejarah, 500 SM – sekarang

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa yang membedakan antara zaman prasejarah dan zaman sejarah adalah dari aspek tulisan. Zaman Prasejarah ciri utamanya tidak adanya tulisan, sedangkan Zaman Sejarah memiliki ciri-ciri sudah ada tulisan.

Incoming search terms:

  • perbedaan prasejarah dan sejarah
  • pengertian prasejarah dan sejarah
  • perbedaan zaman praaksara dan zaman sejarah
  • ciri-ciri zaman prasejarah

Related Posts